Implementasi kepemimpinan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam di SMP Tahfidz Al-Mubarok Tegowanu-Grobogan

Rindasari, Wayan (2023) Implementasi kepemimpinan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam di SMP Tahfidz Al-Mubarok Tegowanu-Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036048_Wayan Rindasari_lengkap] Text (Skripsi_1903036048_Wayan Rindasari_lengkap)
Skripsi_1903036048_Wayan Rindasari_lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam Islam, kepemimpinan dianggap sebagai sebuah amanah yang harus dijalankan dengan sabaik-baiknya. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dianggap sebagai salah satu pemimpin terbesar sepanjang masa. Kepemimpinan beliau yang terkenal dengan sifat-sifat seperti sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah telah menjadi inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam di lingkungan sekolah dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan berkembang. SMP Al Mubarok Tegowanu-Grobogan merupakan salah satu sekolah yang berbasis Islam. Dengan demikian, penting untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, termasuk dalam hal kepemimpinan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga Teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran dalam implementasi kepemimpinan rasul, komunikasi dan keterbukaan menjadi kunci aspek sidiq, komunikasi atau berdakwah untuk aspek tabligh, kepercayaan dan bertanggung jawab untuk aspek Amanah, kecerdasan dan kreativitas untuk aspek fathonah. Adapun implikasi dari sifat sidiq yaitu kepala sekolah maupun guru saling percaya dan disiplin, dari sifat tabligh guru lebih termotivasi dan berkomitmen, sifat Amanah dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kerjasama yang baik. Serta sifat fathonah mendorong guru untuk mengembangkan potensi mereka dan kreatif dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sidiq; Tabligh; Amanah; Fathonah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:19
Last Modified: 27 Aug 2024 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics