Strategi pengembangan budaya literasi sekolah di MI Taufiqiyah Semarang

Maghfiroh, Azimatul (2023) Strategi pengembangan budaya literasi sekolah di MI Taufiqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036089_Azimatul Maghfiroh_engkap] Text (Skripsi_1903036089_Azimatul Maghfiroh_engkap)
Skripsi_1903036089_Azimatul Maghfiroh_engkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Usaha untuk meningkatkan kualitas literasi siswa yaitu sekolah bisa melaksanakan pengembangan budaya literasi, perlu adanya strategi yang tepat, supaya usaha pengembangan budaya literasi dapat berjalan lancar. Pada penelitian ini, peneliti fokus : 1). Bagaimana strategi pengembangan budaya literasi sekolah di MI Taufiqiyah Semarang? 2). Bagaimana implikasi strategi pengembangan budaya literasi di MI Taufiqiyah Semarang ?.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, untuk pengambilan data dengan metode wawancara, observasi lapangan, serta dokumentasi dari sekolah. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Strategi yang digunakan sekolah pada pengembangan budaya literasi meliputi : Strategi Integrasi, dengan menambah produk baru, kegiatan literasi yang terintegrasikan melalui apa, Strategi Intensif, seberapa intens program literasi dilaksanakan. Strategi Diversifikasi, berapa banyak variasi program, dan mengatur langkah berbeda dari strategi yang dilakukan biasannya. Strategi Defensif. membuat program dan mengatur langkah untuk mempertahankan kondisi unggul yang sudah dicapai. 2). Implikasi strategi pengembangan budaya literasi sekolah yaitu budaya literasi di madrasah menciptakan lingkungan pendidikan sekolah dasar yang literat, lingkungan pendidikan literat yaitu lingkungan yang : menyenangkan dan ramah anak, semua warganya menunjukkan empati, peduli, menghargai satu sama lain, menumbuhkan semangat keingintahuan, kecintaan terhadap ilmu pengetahuan, membantu warga pandai berkomunikasi dan mampu memberikan kontribusi terhadap lingkungan sosialnya, mendukung partisipasi seluruh warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan budaya; Budaya literasi; Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:41
Last Modified: 27 Aug 2024 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics