Strategi peningkatan mutu kinerja pendidik di SMP Negeri 5 Semarang

Nihlah, Firda Khoirotun (2024) Strategi peningkatan mutu kinerja pendidik di SMP Negeri 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036094__Firda Khoirotun Nihlah_Lengkap] Text (Skripsi_1903036094__Firda Khoirotun Nihlah_Lengkap)
Skripsi_1903036094__Firda Khoirotun Nihlah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor keberhasilan pendidikan dan dianggap sebagai orang yang berperanan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan yang merupakan pencerminan dari mutu pendidikan. Keberadaan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajiban tidak lepas dari pengaruh faktor internal dan eksternal yang membawa dampak pada perubahan kinerja guru.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang mana teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi dari sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kinerja pendidik meliputi: Pertama, Strategi Korporasi yaitu, mengadakan In House Training (IHT), mewajibkan guru untuk mengikuti pelatihan melalui Platform Mengajar Merdeka (PMM), dan memberikan motivasi. Strategi Bisnis, dilakukan melalui kegiatan program kerjasama dengan lembaga pendidikan dan program kegiatan yang menjadi ciri khas dari sekolah. Strategi Fungsional berupa ruang lingkup program kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk menguatkan mutu kinerja guru. 2) Implikasi strategi terhadap peningkatan mutu kinerja pendidik pertama, pada perencanaan pembelajaran guru menyusun dan menetapkan tujuan pembelajaran, menentukan teknik asesmen, dan guru meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan silabus dan RPP. Kedua, pelaksanaan pembelajaran guru menyiapkan peserta didik, menjelaskan tujuan pembelajaran, menggunakan beragam pendekatan metode pembelajaran. Kemudian ketiga, pada penilaian pembelajaran, guru menilai siswa berdasarkan keseluruhan tugas dan hasil kerja yang berkaitan dengan kinerja dari siswa yang di nilai. Keempat, guru mengenal dan memahami setiap siswa baik secara individual maupun secara kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mutu; Kinerja; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:05
Last Modified: 27 Aug 2024 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics