Tata ruang kantor dan dampaknya terhadap efektivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 01 Kota Semarang

Resyadie, Ahmad Kaviel (2024) Tata ruang kantor dan dampaknya terhadap efektivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 01 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036112_Ahmad Kaviel Resyadie_Lengkap] Text (Skripsi_1903036112_Ahmad Kaviel Resyadie_Lengkap)
Skripsi_1903036112_Ahmad Kaviel Resyadie_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bahwasannya dilatarbelakangi oleh kurang kondusifnya lingkungan kerja di dalam ruang guru dan ruang TU yang ada di MAN 01 Kota Semarang. Fokus permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis di antaranya adalah: 1) Bagaimana tata ruang kantor di MAN 01 Kota Semarang? (2) Bagaimana dampak tata ruang kantor terhadap efektivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 01 Kota Semarang?
Sumber data didapat dengan mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menerapkan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data.
Berikut hasil penelitian berdasarkan analisis data: (1) Tata ruang kantor di MAN 01 Kota Semarang dalam penyusunan perabot di ruang guru masih terdapat masalah yaitu jarak antara satu meja dengan meja lain hanya selebar 60 cm. Sedangkan penyusunan perabot di ruang TU sudah cukup efektif, seperti meja kerja sudah disusun menghadap ke arah yang sama, serta jarak antara meja juga cukup luas. Terkait penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sudah cukup baik. Selain itu faktor-faktor pendukung dalam penataan ruang kantor yang sudah diperhatikan dengan baik yaitu hanya cahaya dan warna, sedangkan faktor udara dan suara masih terdapat masalah. (2) Dampak dari tata ruang kantor yang dilakukan cukup menunjang efektivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan MAN 01 Kota Semarang. Para pendidik dan tenaga kependidikan dapat menyesuaikan diri dengan penataan ruangan, dapat mewujudkan prestasi kerja, serta masih terdapat sedikit kekurangan mengenai pencapaian kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tata ruang; Efektivitas kerja; Pendidik; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:06
Last Modified: 27 Aug 2024 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics