Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif teams-games-tournaments (TGT) pada mata pelajaran biologi materi pokok kingdom animalia kelas X DI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwingu Kendal tahun pelajaran 2010/2011
Khosi’in, Khosi’in (2011) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif teams-games-tournaments (TGT) pada mata pelajaran biologi materi pokok kingdom animalia kelas X DI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwingu Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73811031_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (759kB) | Preview
73811031_bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
73811031_bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73811031_bab3.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
73811031_bab4.pdf - Accepted Version
Download (120kB) | Preview
73811031_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
73811031_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
dilapangan bahwa keadaan peserta didik dalam proses pembelajaran masih terpusat dikarenakan guru masih menggunakan model ceramah sehingga membuat peserta didik merasa bosan.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games tournament (TGT) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran biologi materi pokok kingdom animalia. Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif antara motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games tournament (TGT) dengan prestasi belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif eksperimen, dengan variabel dependen motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT). Adapun tempat penelitiannya di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode angket dengan teknik korelasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa, baik itu siswa kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Adapun untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik menggunakan hasil test sub bab materi pokok kingdom animalia.
Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan jumlah responden kelas eksperimen (XB) 35 siswa, sedangkan jumlah peserta didik kelas kontrol (XA) berjumlah 34 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling.
Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan reumus regresi. Dari dua variabel yang ada yaitu, variabel X (motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran TGT), pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 53,571 itu lebih besar daripada rata motivasi belajar kelas kontrol (39,056). Begitu juga rata nilai ulangan sub bab meteri kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (73,89>67,65).
Setelah diuji hipotresis ternyata terdapat pengaruh yang positif antara keadaan motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT), hal ini ditunjukkan dengan hitung : 1013,4203> tabel 5% (4,13), hitung : 1013,4203> tabel 1% (7,44).
Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) terhada prestasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran biologi materi pokok kingdim animalia MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Prestasi Belajar; Biologi; Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 07:08 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2366 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year