Pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle dan fitur free shipping terhadap impulsive buying pada arketplace Tokopedia : studi KASUS MAHASISWA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021

Hazurizqi, Muhammad Faqih (2023) Pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle dan fitur free shipping terhadap impulsive buying pada arketplace Tokopedia : studi KASUS MAHASISWA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026161_Muhammad_Faqih_Hazurizqi] Text (Skripsi_1805026161_Muhammad_Faqih_Hazurizqi)
SKRIPSI M. FAQIH HAZURIZQI FIXXXXXX - Muhammad Faqih Hazurizqi UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle dan fitur free shipping terhadap impulsive buying mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Untuk menjelaskan suatu fenomena empiris dari lapangan yang disertai data statistik masyarakat Indonesia yang berkembang pesat pada perbelanjaan online, karakteristik dan hubungan antar variabel yang teknik pengumpulan datanya mengunakan kuesioner dan studi pustaka.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner (angket). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Walisongo yang berjumlah 100 responden dengan menggunakan probability sampling dan teknik simple random sampling dalam menentukan jumlah sampel penelitian ini. Teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga variabel independen yaitu hedonic shopping value, shopping lifestyle dan fitur free shipping secara simultan berpengaruh terhadap impulsive buying. Hasil ini dapat dibuktikan dari nilai F hitungan sebesar 21,203 > F tabel 2,70 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan uji t, variabel X1 hedonic shopping value dan X3 fitur free shipping tidak berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Hal tersebut dibuktikan pada nilai t hitung lebih kecil dari pada t tabel, seperti pada varibel hedonic shopping value t hitung -0,175 < 1,658 t tabel dengan signifikansi 0,861 > 0,05. Variabel fitur free shipping memiliki t hitung -0,878 < 1,658 t tabel dengan signifikansi 0,382 > 0,05. Sedangkan variabel shopping lifestyle berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 6,453 > 1,658 t tabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hedonic shopping value; shopping lifestyle; fitur free shipping; impulsive buying
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:47
Last Modified: 28 Aug 2024 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23692

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics