Hubungan antara bimbingan orang tua pada belajar anak dan prestasi belajar rumpun mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas IV di MI NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal
Khasanah, Uswatun (2011) Hubungan antara bimbingan orang tua pada belajar anak dan prestasi belajar rumpun mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas IV di MI NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111196_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
093111196_bab1.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
093111196_bab2.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
093111196_bab3.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
093111196_bab4.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
093111196_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093111196_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Skripsi: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2011.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui adakah hubungan atau korelasi antara bimbingan orang tua pada belajar anak dengan prestasi belajar pendidikan Islam dengan nilai raport.
Jenis kajian skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitif uji korelasi dengan metode penelitian statistik. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan (korelasi) antara bimbingan orang tua pada belajar anak yang dengan prestasi belajar ditunjukkan melalui nilai raport yang disimbolkan dengan nilai dari pengisian angket dengan didukung hasil observasi lapangan dan data pendukung lainya yang dianggap perlu. Adanya korelasi mengindikasikan bimbingan orang tua pada belajar anak bukan merupakan jaminan secara otomatis bahwa siswa akan meraih prestasi mata pelajaran pendidikan Islam pula. Walaupun tumpuan begitu besar terhadap sebuah nilai akan berimbang dalam kenyataan, tetapi fakta obyektif di lapangan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan demikian melalui hasil studi korelasi ini penulis mengingatkan seorang guru harus kerja ekstra keras jangan merasa puas atau telah berbuat yang terbaik walaupun dalam pelaksanaan metode pembelajarannya sudah sesuai apa yang ada dalam kurikulum dan secara teoritis sangat menjanjikan keberhasilanya, bimbingan orang tua pada belajar anak merupakan korelasi yang baik. Dengan begitu hasil positip dari sebuah penelitian dalam skripsi ini tidak melebihkan dari kenyataan.
Akhirnya semoga Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi, khususnya bagi guru di lingkungan sekolah, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan prestasi yang berimbang dengan akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang Tua; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 00:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2014 00:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2371 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year