Pembelajaran al-Quran bagi penyandang disabilitas tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang

Alfasalis, Ifad Miqdad (2024) Pembelajaran al-Quran bagi penyandang disabilitas tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016183_Ifad Miqdad Alfasalis_Lengkap] Text (Skripsi_1803016183_Ifad Miqdad Alfasalis_Lengkap)
Skripsi_1803016183_Ifad Miqdad Alfasalis_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kewajiban belajar membaca al-Quran berlaku untuk setiap Muslim, tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas tunarungu. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa seseorang dengan gangguan pendengaran memiliki kemampuan membaca al-Quran yang kurang baik. Pada umumnya, seseorang dengan gangguan pendengaran masih belum dapat membaca al-Quran secara lancar dan tepat. Berangkat dari hal tersebut, dalam penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran al-Quran bagi penyandang disabilitas tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Kemudian data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran al-Quran bagi penyandang disabilitas tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pembelajaran al-Quran bagi peserta didik normal pada umumnya. Namun dalam pelaksanaanya memerlukan modifikasi dan penyederhanaan yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Sehingga pesan atau materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan mudah oleh peserta didik tunarungu. Dalam kegiatan pembelajarannya, guru menggunakan model pembelajaran komunikasi total dan dengan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Quran; Tunarungu; Siawa; Kebutuhan khusus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:54
Last Modified: 29 Aug 2024 00:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics