Pengaruh promosi online, kualitas layanan, dan kesesuaian kebutuhan terhadap tingkat loyalitas anggota Koperasi Mahasiswa Uin Walisongo Semarang

Wahyuningsih, Lisna (2023) Pengaruh promosi online, kualitas layanan, dan kesesuaian kebutuhan terhadap tingkat loyalitas anggota Koperasi Mahasiswa Uin Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026065_Lisna_Wahyuningsih] Text (Skripsi_1905026065_Lisna_Wahyuningsih)
1905026065_Lisna Wahyuningsih_Full Skripsi - Lisna Wahyuningsih UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Loyalitas anggota merupakan hal yang penting di dalam sebuah perusahaan, karena dengan bertahannya anggota berarti juga akan berdampak pada peningkata n kinerja keuangan dan juga akan membantu keberlangsungan perusahaan. Terutama dalam koperasi harus mampu bersaing serta memanfaatkan peluang yang ada, agar anggota tetap berpartisipasi dalam pembelian. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari promosi online, kualitas layanan dan kesesuaian kebutuhan terhadap tingkat loyalitas anggota koperasi mahasiswa walisongo UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang diisi langsung oleh anggota dan pengukurannya menggunakan skala likert serta data sekunder yang bersumber dari buku, jurnal, atau kepustakaan lainnya sebagai bahan penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 110, sesuai dengan data anggota aktif koperasi mahasiswa walisongo pada tahun 2023. Sampel yang digunakan setelah dihitung menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 52 responden. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,60,3 yang artinya kualitas layanan dapat dijelaskan oleh faktor variabel promosi online, kualitas layanan dan kesesuaian kebutuhan sebesar 60,3%. Sedangkan 39,7% nya dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Pada hasil uji simultan ketiga variabel promosi online, kualitas layanan dan ksesuaian kebutuhan berpengaruh dengan signifikan memberikan kontribusi atau berpengaruh secara positif terhadap loyalitas anggota koperasi walisongo. Pada hasil uji parsial variabel kualitas layanan dan kesesuaian kebutuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat loyalitas anggota dan promosi online tidak berpengaruh terhadap tingkat loyalitas anggota koperasi mahasiswa walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi online; kualitas layanan; loyalitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:55
Last Modified: 29 Aug 2024 04:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics