Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius melalui pendidikan ramah anak di MI GUPPI Sumberadi Kebumen

Karomah, Saniyatul (2023) Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius melalui pendidikan ramah anak di MI GUPPI Sumberadi Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016046_Saniyatul Karomah_Lengkap] Text (Skripsi_1903016046_Saniyatul Karomah_Lengkap)
Skripsi_1903016046_Saniyatul Karomah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta didik melalui Pendidikan Ramah Anak. Peran guru PAI di sekolah sangat penting dalam penanaman dan pembentukan karakter siswa. Salah satu karakter yang harus dibentuk, yang merupakan dasar dari karakter yang lain adalah religius. Pendidikan ramah anak dalam pendidikan Islam adalah upaya yang dilakukan oleh orang tua maupun pendidik untuk untuk mendidik siswa dengan menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang sebagai hakikat perlindungan dalam Islam. Di MI GUPPI Sumberadi Kebumen merupakan salah satu sekolah ramah anak yang menerapkan pendidikan ramah anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui Pendidikan Ramah Anak di MI GUPPI Sumberadi Kebumen.
Metode penelitian adalah jenis deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data ,penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu fenomena , peristiwa , aktivitas sosial, sikap, kepercayaan persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan. Selain itu untuk mendukung penelitian ini diambilkan data data dokumentasi di MI GUPPI Sumberadi Kebumen , serta pengamatan langsung yang dilakukan dari lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif.
Hasil penelitian adalah peran guru PAI sebagai pembimbing karakter religius siswa melalui pendidikan ramah anak yaitu guru mengajak siswa untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dapat membentuk karakter siswa itu sendiri, guru selalu mengingatkan dan menasihati siswa setiap saat agar tidak melakukan kekerasan, melakukan hal-hal baik yang diajarkan oleh ajaran Islam, menjuhi hal-hal buruk yang dilarang oleh ajaran Islam, dan juga selalu melakukan ibadah yang harus dilakukan. Peran guru PAI sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius siswa melalui pendidikan ramah anak dalam perspetif pendidikan Islam yaitu dengan cara memberi contoh kepada siswa ikut dalam pembisaaan pembiasaan yang ada di sekolah ataupun memberi contoh yang baik dan kebiasaan kebiasaan baik sehingga dapat dicontoh oleh para siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Karakter religius; Pendidikan; Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:09
Last Modified: 30 Aug 2024 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics