Kompetensi penerapan TPACK dalam pembelajaran (studi atas guru pai berlatar belakang kependidikan dan non kependidikan di MGMP SMP Kota Semarang

Krisnadi, Yudo Agil (2023) Kompetensi penerapan TPACK dalam pembelajaran (studi atas guru pai berlatar belakang kependidikan dan non kependidikan di MGMP SMP Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016104_Yudo Agil Krisnadi_Lengkap] Text (Skripsi_1903016104_Yudo Agil Krisnadi_Lengkap)
Skripsi_1903016104_Yudo Agil Krisnadi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pendidikan guru menjadi salah satu pengaruh kualitas atau kompetensi guru tersebut dalam kegiatan pembelajaran, dalam abad 21 dimana perkembangan teknologi semakin pesat menjadikan seorang harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi. Model kerangka TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) menjadi jawaban tepat untuk pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada kompetensi penerapan TPACK dalam pembelajaran guru PAI yang berlatar belakang kependidikan dan non kependidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru PAI yang tergabung di MGMP Kota Semarang. Penelitian ini melibatkan 30 guru (20 guru lulusan kependidikan dan 10 guru lulusan non kependidikan) yang dipilih menggunakan teknik quota sampling dari populasi sebanyak 200 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan teknik uji-t independen, dengan bantuan program SPSS versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi penerapan TPACK dalam pembelajaran guru PAI berlatar belakang kependidikan mendapat kriteria “Cukup” dengan rata-rata skor sebesar 105,05 dan guru PAI berlatar belakang non kependidikan mendapat kriteria “Cukup” dengan rata-rata skor sebesar 98,8. Berdasarkan uji-t independen menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kompetensi penerapan TPACK dalam pembelajaran guru PAI yang dtinjau dari latar belakang kependidikan dan non kependidikan. Hal ini karena hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,202 yang mana lebih besar dari 0,05. Hasil yang didapat menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan karena faktor lama masa ajar dan program sertifikasi yang pernah diikuti guru berlatar belakang non kependidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge); Kependidikan; Non kependidikan; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:16
Last Modified: 03 Sep 2024 01:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics