Peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran al-Qur’an Hadits materi al-Syamsiah dan al-Qomariah dengan media audio di kelas III MI Ma'arif Waringin putih Borobudur Magelang tahun pelajaran 2010/2011
Lasto, Lasto (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran al-Qur’an Hadits materi al-Syamsiah dan al-Qomariah dengan media audio di kelas III MI Ma'arif Waringin putih Borobudur Magelang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111216_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111216_bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
093111216_bab2.pdf - Accepted Version
Download (147kB) | Preview
093111216_bab3.pdf - Accepted Version
Download (549kB) | Preview
093111216_bab4.pdf - Accepted Version
Download (128kB) | Preview
093111216_bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
093111216_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung hanya duduk, melihat, mendengar, mencatat dan mengerjakan tugas dari guru. Dengan metode ceramah ini siswa tidak mengalami pembelajaran secara langsung tetapi bersifat menghafal. Sehingga setelah sampai pada evaluasi sering dijumpai siswa yang kurang menguasai materi dan hasil siswa rendah terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan media audio visual dengan VCD dapat meningkatkan perhatian, keaktifan, hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III MI Ma’arif Wringinputih Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2010 / 2011?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist mencapai 96,15%. 2) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist yang mencapai 90%. 3) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 81, 92 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa dan memberikan dorongan kepada siswa agara senantiasa meningkatkan perilakunya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Ilmu Tajwid; Baca Tulis al-Qur'an; Media Pembelajaran; Audio Visual |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 07:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2014 07:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year