Komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi sabun muka Kahf

Salim, Agum Nasrulloh (2023) Komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi sabun muka Kahf. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026110_Agum_Nasrulloh_Salim] Text (Skripsi_1901026110_Agum_Nasrulloh_Salim)
Skripsi_1901026110_Agum_Nasrulloh_Salim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fakta bahwa penduduk Indonesia yang didominasi oleh umat Islam membuat produsen memanfaatkannya sebagai sarana dalam meningkatkan jangkauan iklan yang kemudian dimanfaatkan oleh media televisi untuk mendapatkan keuntungan. Penggunaan nilai-nilai dan identitas keagamaan diambil oleh para produsen dalam memasarkan produknya. Salah satunya yakni Kahf, nilai-nilai dan identitas agama Islam yang ditonjolkan pada produk ini menjadi bagian komodifikasi dalam iklan televisi sabun muka yang diproduksi.
Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan Analisis isi Phillip Mayring dengan mengutamakan formulasi kriteria definisi berdasarkan latar belakang teoritis dan pertanyaan penelitian, serta mengidentifikasi aspek-aspek materi tekstual yang telah diklasifikasikan. Peneliti menggunakan rekaman video iklan televisi sabun muka Kahf edisi Senyum Sedekah berdurasi satu menit dan edisi Jalan Yang Kupilih berdurasi 31 detik. Melalui proses kategorisasi pesan-pesan yang disesuaikan dengan indikator 7 konsep komodifikasi agama, peneliti menemukan komodifikasi agama Islam yang berlangsung pada iklan televisi sabun muka Kahf edisi Senyum Sedekah dan Jalan Yang Kupilih. Proses komodifikasi agama Islam yang berlangsung dalam iklan televisi sabun muka Kahf merupakan rekontruksi makna keagamaan yang dialih fungsikan menjadi bauran promosi di media iklan televisi untuk memperkenalkan produk berupa sabun muka Kahf. Penggunaan nilai-nilai dan identitas agama Islam yang sakral dan sarat akan makna dikemas dengan narasi visual yang menyerupai dengan realitas kehidupan masyarakat. Secara tidak langsung, ideologi agama Islam berupa ajaran dan pedoman agama Islam juga disisipkan dalam iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; Agama Islam; Iklan Televisi; Sabun Muka
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:35
Last Modified: 11 Sep 2024 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics