Rancang bangun aplikasi kas masjid berbasis web dalam mempermudah administrasi keuangan di Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang

Supriyadi, Aris (2023) Rancang bangun aplikasi kas masjid berbasis web dalam mempermudah administrasi keuangan di Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801036141_ARIS_SUPRIYADI] Text (SKRIPSI_1801036141_ARIS_SUPRIYADI)
ARIS SUPRIYADI_1801036141_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (963kB)

Abstract

Aris Supriyadi (1801036141): Rancang Bangun Aplikasi Kas Masjid Berbasis Web Dalam Mempermudah Administrasi Keuangan Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang.
Dengan adanya kecanggihan teknologi di era sekarang sehingga masjid dapat memanfaatkan alat bantu Aplikasi kas masjid berbasis website, sehingga dengan adanya kecanggihan teknologi mempermudah untuk pencatatan, penggunaan, penyimpanan, pengawasan dan pertanggungjawaban dalam mengelola keluar dan masukannya dana kas masjid. Namun pada pengelolaan keuangan masjid yang masih menggunakan sistem perhitungan secara manual dalam pembukuan menjadi salah satu penyebab kehilangan data dan berkas laporan. Sedangkan laporan keuangan masjid harus dipertanggungjawabkan oleh pengurus masjid atau takmir masjid. Hal ini dapat menyebabkan waktu yang cukup lama bagi pengurus masjid untuk pencarian berkas dan perhitungan kas yang masuk dan keluar.
Dari latar belakang tersebut ditemukan permasalahan terkait pengelolaan keuangan masjid yang masih menggunakan sistem perhitungan secara manual. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana rancang bangun aplikasi kas Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang berbasis web dan bagaimana kelayakan aplikasi kas Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D).
Hasil penilitian ini meliputi : 1) Rancang Bangun Aplikasi Kas Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang Berbasis Web yang dapat dikunjungi melalui link https://manajemenkeuanganmasjid.000webhostapp.com/. 2)Kelayakan Aplikasi Kas Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang Berbasis Web , diperoleh melalui penilaian dari ahli media dengan skor sebesar 87% % (Sangat Layak), skor dari ahli Masjid sebesar 95% dan nilai yang diperoleh dari tangapan jama’ah sebesar 75,25 (Baik). Hasil dari pengujian menunjukan bahwa aplikasi kas masjid berbasis website layak digunakan, sehinga hasil rancang bangun aplikasi kas masjid berbasis website di Masjid Fastabiqul Khoirot Semarang dapat digunakan dengan semestinya, Dengan adanya aplikasi kas masjid ini diharapkan dapat membantu pihak terkait dalam menyebarkan informasi kas masjid, mempermudah pengurus masjid dalam mengelola keuangan kas masjid. Diharapan dengan adanya wadah aplikasi kas masjid ini bisa menjadi tempat untuk mengelola data menjadi output informasi, pengetahuan dan produk digital yang dapat bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rancang Bangun; Aplikasi Kas Masjid; Aplikasi Berbasis Web; Administrasi Keuangan
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:53
Last Modified: 12 Sep 2024 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics