Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam peningkatan kesejahteraan Kelompok Tani Mekar Abadi di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Kamilia, Rina (2023) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam peningkatan kesejahteraan Kelompok Tani Mekar Abadi di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046015_Rina_Kamilia] Text (Skripsi_1901046015_Rina_Kamilia)
Skripsi_1901046015_Rina_Kamilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merupakan anak usaha BRI yang bergerak dalam bidang pembiayaan mikro. PT PNM sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki kewajiban dapat membantu masyarakat melalui program-progaram yang menjadi bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap lingkungan di sekitar perusahaan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) salah satunya telah diterapkan pada Kelompok Tani Meker Abadi di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan mengetahui hasil peran yang dilakukan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam meningkatkan kesejahteraan anggota Kelompok Tani Meker Abadi di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam meningkatan kesejahteraan Kelompok Tani Mekar Abadi di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, ada empat peran yang telah diterapkan, yaitu peran menfasiilitasi, peran mendidik, peran representasi dan peran Teknik. Keempat peran tersebut telah diterapkan untuk mencapai empat indikator kesejahteraan. Pertama, Pendidikan dengan menerapkan program Ruang Pintar meningkatkan minat belajar bagi anak-anak Desa Kopeng, kedua ketenagakerjaan dengan program Kampung Madani telah menyerap 30 orang nasabah dalam dunia kerja, ketiga Kesehatan dengan adanya program “Bukarsa” dengan memberikan edukasi PHBS meningkatkan kesedaran nasabah akan pentingnya kesehatan dan gizi bagi keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Kesejahteraan; kelompok Tani
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Sep 2024 10:28
Last Modified: 17 Sep 2024 10:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24060

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics