Pengaruh penggunaan media bigbook terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al-Islamiyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2022/2023

Arsiati, Tia Milva (2023) Pengaruh penggunaan media bigbook terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al-Islamiyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096010_Tia_Milva_Arsiati] Text (Skripsi_1603096010_Tia_Milva_Arsiati)
Skripsi_1603096010_Tia_Milva_Arsiati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan membaca dikelas awal berperan penting sebagai pondasi atau dasar penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa. Siswa yang belajar membaca dikelas awal tidak lancar, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran lanjutan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media bigbook terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 1 MI Al-Islamiyah.
Jenis desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttes, nonequivalent control group design. Pada desain penelitian ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan atau treatment, dengan populasi siswa MI Al-Islamiyah kelas 1 Mranggen Demak yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas 1A berjumlah 14 siswa dan kelas 1B berjumlah 14siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,544 > 2,144 maka H0 ditolak. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai rata – rata kemampuan membaca permulaan kelas dengan menggunakan media bigbook lebih baik daripada rata – rata kemampuan membaca permulaan kelas tanpa menggunakan media bigbook. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat pengaruh pada penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al-Islamiyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Big Book; Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:06
Last Modified: 19 Sep 2024 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics