Peran guru PAI dalam penguatan moderasi beragama di ”sekolah damai” SMA N 13 Semarang
Kusumawati, Reineta Dian (2024) Peran guru PAI dalam penguatan moderasi beragama di ”sekolah damai” SMA N 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2003016033_Reineta Dian Kusumawati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran guru PAI dalam Penguatan Moderasi Beragama di SMA N 13 Semarang sebagai ”Sekolah Damai”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah bagaimana Peran Guru PAI dalam penguatan moderasi beragama di ”Sekolah Damai” SMA N 13 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI di SMA N 13 Semarang sangat berperan penting dalam penguatan moderasi beragama, guru PAI sebagai role model dari implementasi moderasi beragama, guru PAI di SMA N 13 Semarang berjumlah dua orang, salah satunya merupakan koordinator “Sekolah Damai”. Peran guru PAI yang sudah terimplementasi dalam penguatan moderasi beragama yakni sebagai pelopor bagi semua guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama ke dalam pembelajaran yang tertuang dalam RPP, sebagai penggerak ”Sekolah Damai” yang bekerjasama dengan Wahid Foundation melalui berbagai kegiatan yang tertuang dalam program kerjanya untuk mendukung program prioritas Kemenag yakni moderasi beragama, sebagai pembina ektrakurikuler ROHIS dengan berbagai kegiatan keagamaan yang ada di dalamnya seperti adanya forum diskusi peserta didik antar agama. Hal tersebut dapat terlaksana dengan adanya sinergitas dan kerjasama yang baik antara guru PAI dan guru non PAI, tentunya yang didukung penuh oleh kepala sekolah SMA N 13 Semarang, dengan adanya kegiatan IHT Internal antar guru dengan tujuan untuk mengupayakan penanaman sekaligus penguatan moderasi beragama pada peserta didik bdi SMA N 13 Semarang yang telah diinisiasi oleh guru Pendidikan Agama Islam, agar seluruh warga sekolah dapat memperkukuh toleransi dan meneguhkan kerukunan, menjunjung tinggi moderasi beragama serta mengamalkan semboyan negara Indonesia yakni ”Bhineka Tunggal Ika”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru; PAI; Sekolah damai; Moderasi beragama |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 08:49 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 08:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24088 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year