Pengaruh penggunaan model tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media question box terhadap hasil belajar materi bentuk keragaman suku bangsa dan budaya kelas IV di MI Islamiyah Bojong Pekalongan

Fadhilah, Fifi Nur (2023) Pengaruh penggunaan model tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media question box terhadap hasil belajar materi bentuk keragaman suku bangsa dan budaya kelas IV di MI Islamiyah Bojong Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096026_Fifi_Nur_Fadhilah] Text (Skripsi_1703096026_Fifi_Nur_Fadhilah)
Skripsi_1703096026_Fifi_Nur_Fadhilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan model tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media question box terhadap hasil belajar kelas IV di Mi Islamiyah Bojong Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 25 peserta didik.
Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda pretest dan posttest keragaman suku bangsa dan budaya. Perhitungan pada penelitian ini dibantu oleh program computer SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian ini yaitu : (1) sebanyak 25 peserta didik yang melakukan pretest mendapatkan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah sebesar 56. Setelah mendapatkan perlakuan posttest mendapatkan nilai tertinggi 96 dan nilai terendahnya sebesar 72. (2) Diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka tolak H0 dan terima H1. Berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media question box dapat mempengaruhi hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MI Islamiyah Bojong Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Teams Games Tournament (TGT); Question Box; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:49
Last Modified: 20 Sep 2024 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24096

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics