Pengaruh media pembelajaran big book terhadap minat belajar peserta didik kelas III MI An Nur Penggaron Kidul Semarang tahun ajaran 2023/2024

Lestari, Puji (2023) Pengaruh media pembelajaran big book terhadap minat belajar peserta didik kelas III MI An Nur Penggaron Kidul Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096063_Puji_Lestari] Text (Skripsi_1803096063_Puji_Lestari)
Skripsi_1803096063_Puji_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media big book berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas III MI An Nur Penggaron Kidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan menggunakan tes berupa dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media Big Book berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hepotesis nilai t hitung sebesar 6,169 dan signifikasi 0,000 atau p < 0,05 dengan demikian dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian (Ha) menyatakan “ada perbedaan signifikan pada rata-rata minat belajar siswa pada materi cuaca antara kelas eksperimen yang menggunakan media Big Book dan kelas kontrol tanpa media Big Book pada kelas 3 MI An Nur Penggaron Kidul Semarang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Media pembelajaran; Big Book; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:36
Last Modified: 20 Sep 2024 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics