Pengaruh metode pembelajaran index card match berbantu media quiz wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Nurul Hidayah Karangmulya

Farhataeni, Arina (2023) Pengaruh metode pembelajaran index card match berbantu media quiz wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Nurul Hidayah Karangmulya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096029_Arina_Farhataeni] Text (Skripsi_1903096029_Arina_Farhataeni)
Skripsi_1903096029_Arina_Farhataeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar mata pelajaran IPS masih banyak yang berada dibawah KKM (75) hasil belajar dan kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur adakah Pengaruh dari penggunaan Metode pembelajaran Index Card Match (ICM) Berbantu Media Quiz Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ips di Mi Nurul Hidayah Karangmulya . Pada penelitian ini Jenis metode yang digunakan yaitu kuantitatif Pre-experiment dan desain One Group Pre-Test Post-Test. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Index Card Match yang berbantu media quiz wordwall dikatakan berpengaruh hal tersebut dibuktikan dari data pretest postest yang telah diujikan kepada siswa dan memperoleh hasil uji korelasi sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 dengan mengacu pada kriteria pengujian maka terima Ha diterima dan H0 ditolak. Dan hasil pengujian determinasi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar karena terdapat 87% pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan sisanya yaitu 13% di pengaruhi oleh variabel lain maka dikatakan berpengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Media pembelajaran; Index Card Match; Media Quiz Wordwall; Hasil Belajar; IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:23
Last Modified: 21 Sep 2024 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24105

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics