Pengaruh penggunaan metode pembelajaran every one is teacher here pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2022/2023
Nuranjani, Putri (2023) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran every one is teacher here pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096046_Putri_Nuranjani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penggunaan metode everyone is teacher here pada pembelaran tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one groub pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu yang berjumlah 32 siswa. Perhitungan Teknik analisis data pretest dan posttest peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,96 lebih tinggi daripada nilai pretest kelas eksperimen yaitu 57,93. Hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga pengujian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa pengunaan metode everyone is teacher here secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa khususnya pada pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Everyone is Teacher Here; Hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24113 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year