Implementasi permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 muatan Bahasa Indonesia di MI Nurul Islam Ringinwok Semarang 2023/2024

Sanyah, Uhbatus (2023) Implementasi permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 muatan Bahasa Indonesia di MI Nurul Islam Ringinwok Semarang 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096069_Uhbatus_Sanyah] Text (Skripsi_1903096069_Uhbatus_Sanyah)
Skripsi_1903096069_Uhbatus_Sanyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari permainan Bahasa Kartu huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Muatan Bahasa Indonesia di MI Nurul Islam Ringinwok Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, data display/penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dalam mengatasi siswa yang kesulitan untuk membaca, perlu adanya peningkatan kemampuan membaca awal, yaitu melalui penerapan permainan bahasa pada siswa kelas 1 muatan bahasa Indonesia di MI Nurul Islam Ringinwok Semarang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media metode permainan Bahasa Kartu huruf memudahkan siswa dalam memahami membaca permulaan siswa. Peningkatan membaca permulaan pada siswa mulai terlihat ketika pembelajaran dan setelah pembelajaran, keinginan siswa untuk membaca bertambah banyak yang didukung adanya media metode permainan Bahasa, kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran permainan bahasa berupa keterbatasan media, kurangnya keberanian siswa, dan kemampuan guru. Stategi yang dapat mengatasi kendala tersebut ialah seorang guru perlu memahami tahapan penggunaan permainan bahasa. Hal ini akan menjadikan metode tersebut menjadi lebih efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Bahasa; Kemampuan Membaca Permulaan; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Sep 2024 08:26
Last Modified: 28 Sep 2024 08:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics