Pengaruh media video pembelajaran dan aplikasi Wordwall terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Khairat Semarang

Jiantari, Nandita (2023) Pengaruh media video pembelajaran dan aplikasi Wordwall terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096101_Nandita_Jiantari] Text (Skripsi_1903096101_Nandita_Jiantari)
Skripsi_1903096101_Nandita_Jiantari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media video pembelajaran dan aplikasi Wordwall terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif kuasi eksperimen dengan The non-equivalent grup design yang merupakan desain adanya kelompok eksperimen dan kontrol serta pemilihan kelompok atau kelas dipilih oleh peneliti. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak 30 murid sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC sebanyak 31 murid sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengisisan kuesioner dan dokumentasi. Dari tabel uji Two Way ANOVA terdapat signifikan 0,006 dan 0,031 < 0,05 di mana Ho ditolak dan Ha diterima, dan uji t memperoleh t hitung = 5,806 dan 5,813 > t tabel = 1,670 serta signifikansi 0,00 dan 0,00 < 0,05 di mana Ho ditolak dan Ha diterima. Dari uji t diperoleh mean pada kelas eksperimen yaitu 69,60 dan 57,42 pada kelas kontrol, di mana mean kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dan aplikasi Wordwall sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran; Aplikasi Wordwall; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Oct 2024 00:41
Last Modified: 01 Oct 2024 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24124

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics