Pengaruh kualitas layanan Sistem Informasi Jemaah (SIIJAH) terhadap kepuasan jemaah haji dan umrah di PT. At Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo
Moza, Agus Salam (2023) Pengaruh kualitas layanan Sistem Informasi Jemaah (SIIJAH) terhadap kepuasan jemaah haji dan umrah di PT. At Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1801056020_Agus_Salam_Moza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
PT. AT Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Perusahaan ini memiliki sistem informasi berbasis website dengan nama (SIIJAH) yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan data jemaah dan media menyebarkan informasi. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam penggunaan SIIJAH yang dapat mempengaruhi kepuasan jemaah.
Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kualitas layanan Sistem Informasi Jemaah (SIIJAH) terhadap kepuasan jemaah haji dan umrah di PT. AT Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan instrument pengumpulan data yaitu kuisoner dengan menggunakan Teknik one-shoot. Jenis penelian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengambilan sampling dari Suharsimi Arikunto yang mengambil 10% dari total jumlah populasi yaitu 10% dari 320 total populasi, sehingga didapat 32 sampel. Sampel yang memenuhi kriteria sebagai responden dan yang mengisi kuesioner dengan lengkap yaitu 17 responden. Responden dalam penelitian ini adalah jemaah haji dan umrah yang menggunakan layanan SIIJAH PT. AT Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana.
Hasil statistik inferensial dengan uji F, dengan nilai F sebesar 50.00 yang artinya lebih besar dari nilai f tabel yaitu sebesar 0.4821 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Maka secara simultan variable kualias layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan jemaah. Hasil dari nilai R Square yang menunjukkan nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 0.769 atau 77%. Sedangkan sisanya 23% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian. Ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima, karena H0 diterima maka H1 ditolak. Jadi kualitas layanan SIIJAH berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jemaah haji dan umrah di PT. AT Tayibah Al Multazam Group Sukoharjo. Besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 77% dan 23% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan; Sistem informasi jemaah; Kepuasan jemaah; Haji dan umrah |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24142 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year