Strategi diferensiasi citra dalam pemasaran PT. Samira Travel Semarang

Wijayanti, Fitria Mira (2023) Strategi diferensiasi citra dalam pemasaran PT. Samira Travel Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801056001_Fitria_Mira_Wijayanti] Text (Skripsi_1801056001_Fitria_Mira_Wijayanti)
Skripsi_1801056001_Fitria_Mira_Wijayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Citra perusahaan merujuk pada kesan keseluruhan yang terbentuk di benak masyarakat tentang sebuah perusahaan, termasuk juga perusahaan perjalanan ibadah haji dan umrah. Citra ini mencakup persepsi dan penilaian yang terbentuk berdasarkan pengalaman, informasi, dan interaksi dengan perusahaan tersebut. Citra perusahaan perjalanan ibadah haji dan umrah akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kualitas pelayanan, keandalan, reputasi, keselamatan, keberlanjutan, transparansi, dan komitmen terhadap pemenuhan kebutuhan spiritual dan religius para jamaah. Strategi diferensiasi citra merupakan suatu pendekatan yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan yang berbeda dari pesaing lainnya dengan memanfaatkan elemen citra. Samira Travel Semarang merupakan salah satu jasa perjalanan haji dan umrah yang menggunakan strategi diferensiasi citra dalam pemasarannya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka peneliti merumuskan masalah Bagaimana stratelgi difelrelnsiasi Citra dalam Pelmasaran di PT. Samira Travell Selmarang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi diferensiasi citra dalam pemasaran yang digunakan oleh Samira Travel Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga kredibilitas dan keabsahan data digunakan triangulasi teknik dan sumber. Sumber data berasal kepala pimpinan Samira Travel Semarang dan para karyawan atau mitra. Sumber data pendukung didapatkan dari mengikuti seminar yang dilakukan oleh Samira Travel Semarang.
Hasil dari penelitian menunjukkan bawa Samira Travel Semarang menggunakan aplikasi pencitraan sebagai strategi pemasaran yang mereka terapkan. Adapun upaya yang dilakukan oleh Samira Travel Semarang adalah, (a) memanfaatkan citra karisma dan kepopuleran dari brand ambasador, (b) memvariasikan produk, (c) menerapkan tradisi kerja dan budaya, (d) menjaga komunikasi yang baik dengan pengguna jasa. Keunggulan diferensiasi pemasaran dengan menggunakan dimensi citra cukup efektif, indikasinya dapat dilihat dari data jumlah jamaah yang selalu meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Travel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:37
Last Modified: 03 Oct 2024 06:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24143

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics