Minat mahasiswa Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Semarang dalam memilih profesi sesuai dengan profil lulusan

Prastiwi, Listya Salma (2023) Minat mahasiswa Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Semarang dalam memilih profesi sesuai dengan profil lulusan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901056079_Listya_Salma_Prastiwi] Text (Skripsi_1901056079_Listya_Salma_Prastiwi)
Skripsi_1901056079_Listya_Salma_Prastiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Minat menjadi seorang tenaga ahli merupakan keadaan dimana seorang mahasiswa memberikan perhatian yang besar terhadap profesi di bidang haji dan umrah, merasa senang, rasa tertariknya bekerja di bidang haji dan umrah, dan minat tersebut timbul dari dirinya atau dari luar diri mahasiswa. Tingkat minat mahasiswa Jurusan Manajemen Haji dan Umrah pada profesi di bidang haji dan umrah sesuai dengan profil lulusan. Mahasiswa yang berminat pada profesi di bidang haji dan umrah sesuai dengan profil lulusan akan memperoleh hasil yang maksimal daripada mahasiswa yang tidak memiliki minat. Minat pada profesi sesuai dengan profil lulusan akan memberikan perhatian yang lebih terhadap kesesuaian pilihan yang dipilih. Pilihan yang dimaksut dalam penelitian ini adalah sebuah pilihan mahasiswa pada sebuah profesi di bidang haji dan umrah yang tertera di dalam profil lulusan jurusan Manajemen Haji dan Umrah agar mahasiswa setelah menyelesaikan program studi memiliki pekerjaan yang sesuai yang inginkan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Semarang dalam memilih profesi sesuai dengan profil lulusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket yang didukung dengan wawancara menggunkan teknik snowball. Penelitian ini di lakukan pada mahasiswa aktif prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Semarang. Metode analisis yang digunakan yakni metode Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Semarang dalam memilih profesi sesuai dengan profil lulusan mayoritas berminat untuk bekerja pada bidang Pengelola Penyelenggara Ibadah Haji dengan jumlah presentase 80,9%, dari pada profesi di bidang pembimbing/pemandu dengan jumlah presentase 79,4%, profesi tenaga ahli administrasi di bidang urusan haji dengan jumlah presentase 72,3%, dan BPKHI sebanyak 57,5% yang ditinjau dari indikator-indikator minat yang terdiri dari perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat; Profesi; Profil Lulusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:50
Last Modified: 05 Oct 2024 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics