Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar kelas V MI NU 11 Karangayu Cepiring

Muda'im, Syarifah (2023) Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar kelas V MI NU 11 Karangayu Cepiring. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5 (3). pp. 901-911. ISSN 2656-4548 (print); 2656-4491 (online)

[thumbnail of Skripsi_1603096099_Syarifah_Muda'im] Text (Skripsi_1603096099_Syarifah_Muda'im)
Skripsi_1603096099_Syarifah_Muda'im.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan belajar anak tidak bisa lepas dari orang tua sebagai madrasah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan faktor dalam menumbuhkan motivasi belajar kelas V di MI NU 11 Karangayu Cepiring. Menumbuhkan motivasi belajar anak kelas V sangat mempengaruhi belajar anak di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar motivasi belajar kelas V di MI NU 11 Karangayu Cepiring bagi anaknya, yaitu 1) memberi pujian, 2) mendampingi anak belajar, 3) memberi hadiah, 4) memberi nasehat, 5) memberi hukuman 6) menyedikan fasilitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukan kelompok satu (peringkat atas), anak memiliki motivasi belajar dari semua indikator, peran orang tua memiliki motivasi belajar dari semua indikator. Kelompok dua (peringkat tengah), anak memiliki motivasi belajar dari beberapa indikator, peran orang tua memiliki motivasi belajar dari beberapa indikator, kelompok tiga (peringkat bawah), anak tidak memiliki motivasi belajar, peran orang tua memiliki motivasi belajar dari beberapa indikator dan dari faktor pendukung anak belajar rajin tanpa disuruh oleh orang tua dan penghambat anak mudah jengkel sehingga orang tua tidak memaksanya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa semakin orang tua mempunyai motivasi belajar yang kuat maka motivasi yang dimiliki oleh anak akan bertambah kuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:19
Last Modified: 07 Oct 2024 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics