Pelayanan pariwisata ramah muslim berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) di Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Afandi, Ikhsan Faldivian (2023) Pelayanan pariwisata ramah muslim berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) di Firdaus Fatimah Zahra Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901036157_Ikhsan Faldivian Afandi_Lengkap] Text (Skripsi_1901036157_Ikhsan Faldivian Afandi_Lengkap)
Skripsi_1901036157_Ikhsan Faldivian Afandi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

IKHSAN FALDIVIAN AFANDI, NIM (1901036157), penelitian ini berjudul “Pelayanan Pariwisata Ramah Muslim Berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) Di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang” pelayanan dalam kualitas destinasi harus selalu terjaga, untuk itu perlunya pembentukan sdm yang baik”.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengukur penerapan pariwisata ramah muslim di Firdaus Fatimah Zahra (2) Menganalisis index services (pelayanan) wisata Firdaus Fatimah Zahra berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) pada aspek ACES (Acces, Communication, Environtment, Service). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa : 1. Penerapan pariwisata ramah muslim di Firdaus Fatimah Zahra sudah berjalan dengan baik seperti penerapan akses wisata, komunikasi yang diterapkan dari pemandu wisata ke pengunjung, kemahiran dalam menjelaskan tentang isi lokasi tersebut serta kemahiran dalam membimbing pengunjung untuk melaksanakan simulasi haji dan umroh, lingkungan pendukungnya cukup baik dengan menerapkan selalu menjaga kebersihan dilokasi wisata dan didalam destinasi lingkungan luar destinasi, dan pembatasan aturan berpakaian serta keamanan yang terjaga dengan baik, pariwisata ramah mencakup layanan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua wisatawan tanpa memandang kepercayaan mereka, dengan penyediaan aksebilitas yang baik, informasi yang jelas, akomodasi ramah ligkungan dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. 2. Pelayanan masjid yang sangat memadai, akses makanan halal, akomodasi jangkauan akses makanan halal, komunikasi penyampaian ramah kepada pengunjung, lingkungan yang mendukung dengan penerapan pembatasan ramah muslim, pemasaran komunikasi melalui platfrom media sosial belum terlaksana dan perlu adanya sdm yang menunjang untuk memenuhi kegiatan promosi di platfrom tersebut untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; Ramah muslim; Global Muslim Travel Index (GMTI); Firdaus Fatimah Zahra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:12
Last Modified: 07 Oct 2024 04:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24183

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics