Implementasi model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran seni tari : studi kasus peningkatan minat siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar
Khadijah, Ananda Arjuni (2023) Implementasi model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran seni tari : studi kasus peningkatan minat siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8 (1). ISSN 2581-1800 (print); 2597-4122 (online)
Skripsi_1903096081_Ananda_Arjuni_Khadijah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran seni tari untuk meningkatkan minat siswa laki-laki di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 4, dan siswa laki-laki kelas 4 SD N Bangunharjo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan 3 fase pembelajaran direct instruction, yaitu perencanaan pembelajaran direct, pelaksanaan pembelajaran direct dan evaluasi berdasarkan pembelajaran direct. Model pembelajaran direct instruction berhasil menarik minat siswa laki-laki kelas 4 SD N Bangunharjo dalam pembelajaran seni tari sesudah dilaksanakan evaluasi pembelajaran. Siswa laki-laki pada awalnya merasa malu, tidak bersemangat, tidak fokus, dan berbicara dengan teman-temannya sehingga membuat belajar menjadi kurang efisien. Siswa laki-laki lebih banyak berpartisipasi di kelas dengan paradigma pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Direct instruction; Minat; Model pembelajaran; Siswa laki-laki; Seni Tari |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24197 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year