Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Rofiqoh, Rofiqoh (2011) Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111292-COVER.pdf]
Preview
Text
093111292-COVER.pdf - Accepted Version

Download (826kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bab1.pdf]
Preview
Text
093111292-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bab2.pdf]
Preview
Text
093111292-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bab3.pdf]
Preview
Text
093111292-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bab4.pdf]
Preview
Text
093111292-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bab5.pdf]
Preview
Text
093111292-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 093111292-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111292-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan model reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang?
Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak yang berjumlah 24 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan strategi reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 64,79 dengan catatan bahwa 13 dari 24 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,71 dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 72,71 dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 65. Dari ketiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan materi pokok surat al-Lahab.
Dalam penelitian ini, penggunaan metode reading aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan pembelajaran akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait saling mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur'an; Model Pembelajaran; Reading Aloud
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:18
Last Modified: 07 Jul 2014 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics