Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pemodelan (modeling) pada mata pelajaran fiqih materi pokok haji kelas V MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati tahun ajaran 2010/2011
Ishak, Ponco (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pemodelan (modeling) pada mata pelajaran fiqih materi pokok haji kelas V MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Awal.pdf - Accepted Version
Download (472kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (444kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
Bibilograpy.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Skripsi Program strata I jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2009.
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemodelan (modeling) bagi peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Haji siswa kelas V MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2010/2011
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penuurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan : penerapan strategi pemodelan (modeling) dengan KKM 7,0 dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Haji siswa kelas V MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2010/201, hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai hasil belajar setiap siklus dimana pada pra siklus ketuntasan belajar siswa pada pra siklus ada 2 siswa atau 9,1% naik menjadi 7 siswa atau 31,8% pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 15 siswa atau 68,2% dan terakhir siklus III sudah mencapai 21 siswa atau 95,4%. Demikian juga peningkatan juga terjadi pada keaktifan siswa dimana pada siklus I keaktifan siswa pada kategori baik dan baik sekali ada 7 siswa atau 31,8 naik menjadi 14 siswa atau 6,37% pada siklus II dan terakhir pada siklus III menjadi 20 siswa atau 90,9%. Dari hasil ini ketuntasan belajar dan keaktifan belajar sudah mencapai indikator yaitu 80% ke atas
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa dan memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan perilakunya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Hasil belajar; Haji; Pemodelan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 02:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 02:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2429 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year