Manajemen Masjid Raya Candi Lama Semarang dalam meningkatkan kuantitas jama'ah
Aulia, Alvio Madyama (2023) Manajemen Masjid Raya Candi Lama Semarang dalam meningkatkan kuantitas jama'ah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
1801036108_Alvio Madyama Aulia_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Alvio Madyama Aulia, NIM : 1801036108 telah melakukan penelitian dengan judul skripsi “Manajemen Masjid Raya Candi Lama Semarang dalam Meningkatkan Kuantitas Jamaah”.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah jumlah jamaah yang semakin lama semakin berkurang dan tidak sesuai dengan harapan para imam, atau ustadz Masjid dalam pengembangan dakwah yang mereka lakukan sebagai pemuka agama di desa atau suatu daerah. Ini sejalan dengan hasil observasi awal penulis di Masjid Raya Candilama Semarang, bahwa diperoleh informasi sementara jumlah jamaah Masjid yang sangat kurang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Masjid Raya Candi Lama Semarang dalam meningkatkan kuantitas jamaah dan bagaimana peningkatan kuantitas jamaah pada Maajid Raya Candi Lama Semarang. Dalam penyajian data menggunakan pendekatan kualitatis. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa jurnal, buku, dokumen. Teknik yang digunakan untuk mengambil data yaitu dengan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu model analisis data yang disebut sebagai model interaktif (interactive model).
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Masjid Raya Candilama Semarang Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen masjid telah berhasil menerapkan peran manajemen secara maksimal, dengan fokus pada perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan idarah masjid, imarah dan riayah. Struktur organisasi yang jelas, partisipasi semua pihak terkait dalam pengambilan keputusan, dan peningkatan keterlibatan jamaah berhasil membangun fondasi kuat. Dukungan fasilitas yang lengkap, termasuk ruang wudhu bersih dan area shalat yang luas, menciptakan lingkungan nyaman untuk pelaksanaan ibadah. Program kerja terencana dengan baik menunjukkan komitmen manajemen masjid dalam memberikan pelayanan terbaik, baik dalam aspek keagamaan maupun sosial. Penerapan imarah dan idarah masjid yang efektif, di bawah kepemimpinan yang visioner, telah membawa masjid menuju arah yang positif, menciptakan atmosfer kebersamaan dan tanggung jawab bersama dalam pengelolaan masjid
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Masjid; Kuantitas Jama'ah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24304 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year