Kontribusi budaya organisasi, supervisi kepala dan pengawas madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung
Baroroh, Shofia (2023) Kontribusi budaya organisasi, supervisi kepala dan pengawas madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103038007_Shofia Baroroh_full tesis - Shofia Baroroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil Uji Kompetensi Guru di Kabupaten Temanggung yang rendah, termasuk guru di Madrasah Ibtidaiyah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalah terkait dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung yaitu 1) Kontribusi budaya organisasi madrasah terhadap peningkatan kinerja guru 2) Kontribusi supervisi kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru 3) Kontribusi supervisi pengawas madrasah terhadap peningkatan kinerja guru 4) Kontribusi budaya organisasi, supervisi kepala, dan pengawas madrasah terhadap peningkatan kinerja guru.
Budaya organisasi memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru kelas madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung, hal ini ditunjukkan dengan nilai t sebesar 2,164 dengan p-sig 0,038 (p < 0,05). Sedangkan sumbangan variabel independent tersebut sebesar 32%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Supervisi kepala madrasah memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru kelas madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai t sebesar 2,194 dengan p-sig 0,036 (p < 0,05). Sedangkan sumbangan variabel independent sebesar 36,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya
Supervisi pengawas madrasah memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru kelas madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai t sebesar 2,115 dengan p-sig 0,042 (p < 0,05). Sedangkan sumbangan variabel independen tersebut sebesar 28%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Kontribusi variabel budaya organisasi, supervisi kepala madrasah dan supervisi pengawas madrasah secara simultan atau bersama- sama terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung sebesar 76,3%, sisanya sebesar 23,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya organisasi; Supervisi kepala; Supervisi pengawas madrasah; Kinerja guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24330 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year