Pengaruh promosi, inovasi produk, dan pelayanan terhadap minat anggota untuk menggunakan produk simpanan pada KSPPS baitul maal wat tamwil (BMT) Al Hikmah

Abshor, Rojaul Ahmadi Ulil (2023) Pengaruh promosi, inovasi produk, dan pelayanan terhadap minat anggota untuk menggunakan produk simpanan pada KSPPS baitul maal wat tamwil (BMT) Al Hikmah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026154_Rojaul_Ahmadi_Ulil_Abshor] Text (Skripsi_1905026154_Rojaul_Ahmadi_Ulil_Abshor)
1905026154_Rojaul Ahmadi Ulil Abshor_Full_Skripsi - Rojaul Ahmadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan zaman terutama pada era digital saat ini menyebabkan persaingan bisnis menjadi lebih ketat, termasuk pada sektor keuangan. Banyaknya kompetitor baik yang sudah lama dibentuk maupun yang baru mendorong setiap perusahaan untuk terus berinovasi dalam upaya mengembangkan dan menjaga stabilitas usahanya. perkembangan KSPPS BMT Al-Hikmah selama 3 tahun terakhir meningkat pada tahun 2020 dan 2021, namun terdapat penurunan yang sangat signifikan pada tahun 2022 yaitu sebesar 79%. Penyebab terjadinya penurunan jumlah anggota dikarenakan adanya pesaing dari lembaga keuangan lain selain itu faktor kurangnya promosi juga menjadi penyebab penurunan jumlah anggota, serta pelayanan yang diberikan terhadap anggota maupun calon anggota kurang baik.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Promosi, Inovasi Produk, dan Pelayanan Terhadap Minat Anggota untuk Menggunakan Produk Simpanan pada KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al Hikmah. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Anggota untuk Menggunakan Produk Simpanan sedangkan variabel independen adalah Promosi, Inovasi Produk, dan Pelayanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang memakai metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota koperasi KSPPS BMT Al-Hikmah dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling yaitu dengan teknik Convenience Sampling, Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS statistik versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota untuk menggunakan produk simpanan pada KSPPS BMT Al-Hikmah. Variabel inovasi produk berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap minat anggota untuk menggunakan produk simpanan pada KSPPS BMT Al-Hikmah. Variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota untuk menggunakan produk simpanan pada KSPPS BMT Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; inovasi produk; pelayanan, minat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:58
Last Modified: 10 Oct 2024 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics