Studi kasus pola komunikasi interpersonal orang tua dengan anak usia dini 4-5 tahun yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) di TPA Himawari semarang

Safitri, Aghitsna Alfaiza (2023) Studi kasus pola komunikasi interpersonal orang tua dengan anak usia dini 4-5 tahun yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) di TPA Himawari semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1607016016_Aghitsna_Alfaiza_Safitri] Text (SKRIPSI_1607016016_Aghitsna_Alfaiza_Safitri)
1607016016_Aghitsna Alfaiza Safitri_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keterlambatan bicara pada anak usia dini merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada usia perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi interpersonal orang tua dengan anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) dengan mengkaji dari sudut pandang psikologi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan melakukan wawancara dengan tiga orang tua anak usia dini yang mengalami keterlambatan bicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti lingkungan keluarga yang kurang stimulatif, paparan terhadap perangkat elektronik (gadget) yang berlebihan, dan kurangnya interaksi sosial dengan teman sebaya serta orang tua menjadi penyebab utama keterlambatan bicara pada anak-anak tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa keterlambatan bicara berdampak negatif pada kemampuan komunikasi interpersonal orang tua dengan anak, seperti kesulitan dalam berbicara dengan jelas, mengungkapkan emosi, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Temuan dari penelitian ini memiliki dampak terhadap komunikasi interpersonal yang lebih optimal untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara. Oleh karena itu, diperlukan usaha yang tepat dari keluarga, pendidik, dan tenaga profesional dalam mencegah dan menangani masalah ini. Upaya tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak mengatasi keterlambatan bicara mereka serta mendorong perbaikan kemampuan komunikasi interpersonal mereka di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Interpersonal; Orang Tua; Anak Usia Dini; Keterlambatan Bicara
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:45
Last Modified: 10 Oct 2024 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics