Pengaruh promosi, harga, dan kemudahan berbelanja di e-commerce terhadap impulsive buying ditinjau dari persepektif ekonomi Islam: di Kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Angkatan 2020
Syaifullah, Muhammad (2023) Pengaruh promosi, harga, dan kemudahan berbelanja di e-commerce terhadap impulsive buying ditinjau dari persepektif ekonomi Islam: di Kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Angkatan 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905026158_Muhammad Syaifullah_Full_Skripsi - Muhammad Syaifullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Impulsive buying adalah proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen tanpa mempertimbangkan kebutuhan suatu produk dan tidak melewati tahap pencarian informasi terhadap suatu produk serta sangat kental unsur emosionalnya. Impulse buying dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan yang umumnya berada pada taraf usia remaja akhir dan dewasa. Menurut pandangan islam Impulsive bagian dari tanda seseorang mengalami perilaku konsumtif, yang merupakan perilaku pembelian seseorang yang didasari oleh keinginan tiba-tiba (spontan) tanpa melalui pertimbangan atau perencanaan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kemudahan berbelanja terhadap impulsive buying di e-commerce. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden adalah Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkaatan 2020 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu melalui kuisioner. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan SPSS 21 dengan metode analisis regresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, begitu juga kemudahan berbelanja berpengaruh positif terhadap impulsive buying di E-commerce.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi; harga; kemudahan belanja; impulsive buying. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 08:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24403 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year