Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogoungu Pati

Astuti, Puji (2011) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogoungu Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111315-cover.pdf]
Preview
Text
093111315-cover.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bab`1.pdf]
Preview
Text
093111315-bab`1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bab`2.pdf]
Preview
Text
093111315-bab`2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bab`3.pdf]
Preview
Text
093111315-bab`3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bab`4.pdf]
Preview
Text
093111315-bab`4.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bab`5.pdf]
Preview
Text
093111315-bab`5.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 093111315-bibkiografi.pdf]
Preview
Text
093111315-bibkiografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih di MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajran yang bisa dilakukan adalah cooperatif learning dengan strategi bermain jawaban yaitu sebuah permainan yang dapat melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre-test maupun post-test, di samping tentunya untuk mengajarkan materi baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh peserta didik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati? 2) Adakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi prestasi tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati dilakukan dalam empat tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP, tes, Los dan lain-lain, pelaksanaan dengan melakukan tindakan mulai dari menerangkan materi, kerja kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dan setiap kelompok mencari jawaban dari kotak yang telah di sediakan kemudian diskusi kelas, Observasi dilakukan dengan mengamanati keaktifan siswa pada saat pembelajaran, setelah nilai dan keaktifan di peroleh langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah merefleksi pembelajaran untuk di temukan solusi pada siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan dengan KKM 70 ada 61% naik menjadi 72% pada siklus I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 85%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu pada pra siklus yang berada pada kategori baik sekali dan baik ada 46% naik menjadi 61% pada siklus I dan setelah dilakukan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Learning; Fiqih; Strategi Pembelajaran; Kurban
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:56
Last Modified: 04 Jul 2014 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics