Penerapan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa tahun ajaran 2010/2011

Astuti, Ninik Puji (2011) Penerapan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of AWAL.pdf]
Preview
Text
AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of bibligrapy.pdf]
Preview
Text
bibligrapy.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran aqidah akhlak di MI Sudirman Kupang Ambarawa masih menggunakan metode-metode konvensional yang destruktif; yang lebih memposisikan siswa dalam kondisi pasif. Oleh karena itu dibutuhkan satu perubahan dalam memberikan pembelajaran kepada siswaPembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here ini siswa tidak hanya aktif mendengar dan melihat permainan. Siswa terlibat sejak awal proses belajar mengajar sehingga siswa benar-benar menjadi subjek bukan objek. Siswa mempunyai atau memiliki waktu sepenuhnya untuk belajar, berfikir dan berbicara
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here pada mata pelajaran aqidah akhlak materi beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa? 2) Adakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa setelah menggunakan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here pada mata pelajaran aqidah akhlak materi beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa dilakukan dengan empat tahapan yaitu pertama perencanaan dengan menyiapkan RPP, kuis, kertas kosong, pembentukan kelompok dan pendokumentasian, kedua tindakan dengan melakukan proses pembelajaran dengan every one is a teacher here yang dimulai dengan do’a, dilanjutkan menerangkan materi, tanya jawab, membagikan kertas kosong kepada siswa untuk ditulis pertanyaan dan mengacaknya untuk berikan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang di dapat, kemudian diskusikan baik secara individual pada siklus I dan kelompok pada siklus II, selanjutnya guru memberikan kuis dan menutup pembelajaran, ketiga observasi dengan mengamati kegiatan pembelajaran siswa, terakhir guru melakukan refleksi dengan menilai apa yang sudah dilakukan untuk di cari solusi bagi siklus berikutnya. 2) Strategi peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada makhluk gaib selain malaikat di kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa setelah menggunakan pembelajaran aktif dengan strategi every one is a teacher here, dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus yaitu pada pra siklus ada 10 siswa atau 50% naik menjadi 13 siswa atau 65% pada siklus I dan siklus II ada 17 siswa atau 85 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Aktif; Aqidah Akhlak; Beriman Kepada Makhluk Gaib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:58
Last Modified: 04 Jul 2014 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics