Pengaruh perform expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions terhadap minat menggunakan mobile banking bagi supplier meuble :studi kasus supplier meubel di Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

Septiasari, Aisyah (2023) Pengaruh perform expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions terhadap minat menggunakan mobile banking bagi supplier meuble :studi kasus supplier meubel di Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036076_Aisyah_Septiasari] Text (Skripsi_1705036076_Aisyah_Septiasari)
1705036076_Aisyah Septiasari_Full_Skripsi - 5-Aisyah Septiasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Saat ini, era digitalisasi teknologi berkembang dengan begitu pesat. Hampir semua bidang kehidupan di dunia telah tersentuh dan bergantung pada teknologi digital sebagai fokus utama.Salah satu lembaga yang vital dan mendapat tuntutan utama dalam sektor ekonomi tentunya industri Perbankan. Industri perbankan menciptakan mobile banking untuk mempercepat transaksi agar lebih praktis dan efisien. Ada berbagai model yang digunakan untuk menghitung penerimaan teknologi dan apa saja faktor yang memengaruhi hal tersebut. Salah satu model tersebut adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). UTAUT merupakan model yang dikembangkan oleh Venkatesh, dkk, yang mempunyai empat dimensi utama, yaitu Perform Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions.Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh variabel UTAUT terhadap minat menggunakan mobile banking bagi supplier meubel di Desa Senenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui pembagian kuisioner kepada responden yang menjadi sampel dalam penelitian. Populasi penelitian ini merupakan supplier meubel di Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Setelah dilakukan perhitungan dari populasi supplier meubel di Desa Senenan, kemudian diambil 100 orang sebagai responden. Data yang telah diperoleh dari responden kemudian diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPPS v.22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking bagi supplier meubel adalah variabel Effort Expectancydengan nilai t hitung 4.788 > 1.988525dan Facilitating Conditions dengan nilai t hitung 2,293 > 1.988525.Sedangkan variabel Perform Expectancydengan nilai t hitung -1.858 < 1.988525dan Social Influencedengan nilai t hitung 0,055 < 1.988525 tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking bagi supplier meubel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perform expectancy; effort expectancy; social influence; mobile banking
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:39
Last Modified: 15 Oct 2024 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics