Penerapan metode card sort bagi peningkatan hasil belajar bahasa Arab materi pokok hadikotul bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo kecamatan Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011
Hamdan, Hamdan (2011) Penerapan metode card sort bagi peningkatan hasil belajar bahasa Arab materi pokok hadikotul bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo kecamatan Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111352-COVER.pdf - Accepted Version
Download (524kB) | Preview
093111352-bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
093111352-bab2.pdf - Accepted Version
Download (140kB) | Preview
093111352-bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
093111352-bab4.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
093111352-bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093111352-bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah penerapan metode Card Sort dalam pelajaran Bahasa Arab materi pokok Hadiqatul Bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Kecamatan Bonang Demak? 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Arab pada materi pokok Hadiqatul Bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Kecamatan Bonang Demak setelah menerapkan metode Card Sort?
Penerapan metode Card Sort pada pembelajaran Bahasa Arab materi pokok Hadiqatul Bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak tahun ajaran 2010/2011 dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyediakan kartu cabang dan induk, menyediakan alat peraga merancang pembentukan kelompok, menyusun kuis, menyiapkan lembar observasi dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan berupa doa dan absensi, tahap pelaksanaan peneliti menyuruh siswa membaca bersama-sama materi hadikhotul bait dan guru membaca sendiri materi hadikhotul bait dengan benar dan didengarkan semua siswa, dilanjutkan guru menyuruh peserta didik mencari kartu cabang dan mencocokkannya pada kartu induk baik secara individu maupun kelompok, terakhir penutup dengan memberikan soal dan berdo’a bersama.
Setelah dilakukan proses penerapan, selanjutnya dilakukan observasi dengan menilai hasil motivasi belajar, hasil nilai prestasi belajar peserta didik dan tahap refleksi. Peneliti melakukan evaluasi terhadap kekurangan setiap tahapan siklus kemudian menjadi acuan ke tahap siklus berikutnya.
Hasil Pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III dengan menerapkan metode card sort pada pembelajaran Bahasa Arab materi pokok Hadiqatul Bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik persiklus yaitu pada pra siklus 50% menjadi 62,5% pada siklus I, naik menjadi 78,1% pada siklus II terakhir pada siklus III meningkat menjadi 90,7%. Maka dengan menggunakan active learning tipe Card Sort dalam pembelajaran bahasa arab materi pokok Hadiqatul Bait di kelas V MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak berhasil dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Bahasa Arab; Model Pembelajaran; Card Sort |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 07:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 07:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2460 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year