Upaya peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) materi pokok peristiwa Fathu Makkah dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di kelas V MI KY Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak tahun ajaran 2010/2011
Nadziroh, Siti (2011) Upaya peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) materi pokok peristiwa Fathu Makkah dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di kelas V MI KY Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111358- COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111358- bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
093111358- bab2.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
093111358- bab3.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
093111358- bab4.pdf - Accepted Version
Download (553kB) | Preview
093111358- bab5.pdf - Accepted Version
Download (553kB) | Preview
093111358- bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas upaya peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaaan Islam (SKI) dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran SKI materi pokok peristiwa Fathu Makkah di kelas V MI Ky Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak? (2) Adakah Peningkatan hasil belajar mata pelajaran SKI materi pokok peristiwa Fathu Makkah di kelas V MI Ky Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori?
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi.
Hsil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran SKI materi pokok peristiwa Fathu Makkah di kelas V MI Ky Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak dilakukan dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pada proses pelaksanaan dilakukan dengan melakukan proses ekspositori menggunakan media boneka, gambar, vokal yang keras dan gerak mimic yang seolah menceritakan kejadian asli dari materi, proses pembelajaran selain dilakukan secara klasikal juga dilakukan dengan belajar kelompok. (2) Ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran SKI materi pokok peristiwa Fathu Makkah di kelas V MI Ky Ageng Giri Karang Kumpul Banyumeneng Mranggen Demak setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dengan KKM 60 tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan 5 peserta didik atau 32% menjadi 12 siswa atau 72% pada siklus I meningkat lagi pada siklus III yaitu ada 15 siswa atau 94%. Begitu juga tingkat keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada siklus I tingkat keaktifan pada kategori aktif sekali dan aktif ada 11 siswa atau 68% dan di siklus II sudah mencapai 14 siswa atau 88%. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kebudayaan Islam; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 01:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 01:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2463 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year