Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap efikasi diri dan kemandirian belajar siswa
Amin, Fadlilatul (2023) Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808086027_Fadlilatul_Amin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Adanya teknologi digital dalam pendidikan membutuhkan literasi digital agar teknologi bisa digunakan secara maksimal. Efikasi diri dan kemandirian belajar siswa sangat penting bagi siswa untuk mendukung pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan literasi digital terhadap efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan populasi kelas XI IPA 1 dan 2 MA Futuhiyah Jeketro dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Kemampuan literasi digital berpengaruh terhadap efikasi diri dengan signifikasi 0,001 < 0,05 dan besar pengaruh 27,7%; 2. Kemampuan literasi digital berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan signifikasi 0,031 < 0,05 dan besar pengaruh 12%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri; Literasi digital; Kemandirian belajar; Siswa |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24710 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year