Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis unity of sciences (UoS) pada materi ekosistem untuk melatih literasi sains siswa kelas X

Salsabila, Amalia Sania (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis unity of sciences (UoS) pada materi ekosistem untuk melatih literasi sains siswa kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086049_Amalia_Sania_Salsabila] Text (Skripsi_1808086049_Amalia_Sania_Salsabila)
Skripsi_1808086049_Amalia_Sania_Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hasil evaluasi PISA yang digagas oleh Organization and Development (OECD) terhadap sistem pendidikan melalui tiga kategori dasar, yaitu literasi membaca, literasi matematika dan literasi sains. Indonesia berada pada urutan ke 74 dari 79 negara dengan nilai literasi sains 389 ditahun 2018. Hasil literasi sains yang rendah secara umum disebabakan oleh kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi pada literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD yang berbasis unity of sciences untuk melatih literasi sains siswa, dalam rangka melaksanakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) dan menambah bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi di MAN 1 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang diadaptasi dari Tiagarajan dan memiliki empat tahapan pengembangan yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Namun penilitian ini terbatas sampai tahapan development saja. Pengembangan produk ini diuji oleh ahli media, ahli materi, ahli unity of siences dan ahli literasi sains. Subjek penilitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 1Kudus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis unity of sciences ini layak digunakan. Dari validasi dan penilaian produk tersebut sebesar 70% ahli materi, 85% ahli media, 87% ahli unity of sciences, 80% ahli literasi sains, 80% ahli praktisi dan 91% peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Unity of Sciences (UoS); Ekosistem; Literasi sains; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:39
Last Modified: 22 Oct 2024 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics