Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Kendal Soetta
Magfiroh, Ichda Syarifatul (2023) Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Kendal Soetta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905036054_Ichda SM_SKRIPSI LENGKAP - Ichda SM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Customer Relationship Marketing diartikan sebagai menarik, memelihara dan meningkatkan hubungan dengan nasabah untuk menciptakan loyalitas nasabah. Namun pada kenyataannya walaupun pelayanaan bank sudah cukup baik belum tentu loyalitas nasabah tercapai. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh komunikasi, komitmen, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan.
Teori penelitian ini meliputi pengertian Customer Relationship Marketing (komunikasi, komitmen, dan kepercayaan) serta loyalitas nasabah. Teori penelitian ini juga mencakup tentang hubungan antara Customer Relationship Marketing dengan loyalitas nasabah serta loyalitas nasabah dalam persfektif Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahuipengaruhcustomer relationship marketingdanloyalitasterhadapnasabah dibanksyariah.Problem di Bsi Kc Kendal Soetta yaitu dengan naik turunnya pembukaan rekening, tidak stabil atau bahkan lebih. Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganteknikpengambilansampel.Populasidalampenelitian ini merupakan nasabah BSI KC Kendal Soetta.
Jumlah sampel yangdiambil sebanyak 100 responden. Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolahmenggunakanprogamSPSS.DataanalisismenggunakanpengujianvaliditasdanReliabilitasi, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Heteroskedesitas, UjiMultikolinieritas), Regresi Linier Berganda, Uji T, Koefisien Determinasi (R2), Uji F, UjiAutokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan pada varibelKomunikasi,Komitmen, Kepercayaan, dan loyalitasnasabah dibanksyariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi; loyalitas nasabah; BSI |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24731 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year