Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari aspek psikologi kognitif menurut Jerome Kagan pada kelas program sks 2 tahun materi koordinat kartesius MTSN 1 Magetan

Qur’aniyah, Ismi Alif (2023) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari aspek psikologi kognitif menurut Jerome Kagan pada kelas program sks 2 tahun materi koordinat kartesius MTSN 1 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1808056075_ISMI_ALIF_QUR’ANIYAH] Text (SKRIPSI_1808056075_ISMI_ALIF_QUR’ANIYAH)
1808056075_Ismi Alif Qur_aniyah_Full Skripsi - Ismi Alif Qur_aniyah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan penguasaan materi, mengaplikasikan, hingga mengungkapkan kembali apa yang telah diketahui atau dipahami untuk memperoleh pembelajaran matematika yang bermakna. Adapun salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis adalah psikologi kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari aspek psikologi kognitif pada kelas Program SKS 2 Tahun MTsN 1 Magetan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas Program SKS 2 Tahun MTsN 1 Magetan. Peserta didik dibagi berdasarkan psikologi kognitif menurut Jerome Kagan yakni peserta didik impulsif dan reflektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwa peserta didik impulsif dan reflektif sama-sama kurang ada kecenderungan dalam indikitar 1 dan 3. Namun, peserta didik impulsif dan reflektif sama-sama memiliki kecenderungan pada indikator 5 dan 6. Hal ini menunjukkan perbedaan pada indikator 2 dan 4 dimana peserta didik reflektif memiliki kecenderungan terhadap penguasaan indikator 1 dan 4, tetapi peserta didik impulsif masih kurang ada kecenderungan dalam penguasaan indikator tersebut.. Berdasarkan tingkat penguasaan tersebut, peserta didik dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan pada masing-masing peserta didik berdasarkan kognitifnya guna meningkatkan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep martematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis; Kognitif; Psikologi kognitif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:39
Last Modified: 04 Nov 2024 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics