Meta-analisis pengaruh media sosial dalam pembelajaran fisika

Masykurotunnisa, Masykurotunnisa (2023) Meta-analisis pengaruh media sosial dalam pembelajaran fisika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066032_Masykurotunnisa_Full] Text (Skripsi_1608066032_Masykurotunnisa_Full)
Skripsi_1608066032_Masykurotunnisa_Full_Skripsi - Masykurotun Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fisika sering dianggap sebagai pelajaran yang susah sehingga menyebabkan variabel respon siswa seperti hasil belajar, motivasi belajar, berpikir kritis, dan pemahaman konsep siswa cenderung rendah. Penyebab dari hal itu salah satunya dengan belum maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan perhitungan effect size. Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi dan jurnal penelitian yang terkait dengan media pembelajaran berbasis media sosial untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMP dan SMA yang dipublikasikan antara 1 Januari 2010 s.d. 31 April 2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s effect size. Hasil penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan rata-rata effect size sebesar 0,8. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial yang digunakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Effect size pada jenjang pendidikan SMP sebesar 0,417 dan pada SMA sebesar 0,582 yang masuk dalam kategori sedang. (3) Variabel respon yang memperoleh kategori tinggi yaitu pada hasil belajar siswa dengan nilai effect size 0,81. (4) Media sosial yang berpengaruh paling besar yaitu instagram dengan nilai effect size 1,501. (5) Materi fisika yang memiliki nilai effect size paling besar yaitu pada materi Hukum Newton dengan nilai effect size sebesar 2,237

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis; Effect size; Media pembelajaran; Media social; Fisika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:19
Last Modified: 05 Nov 2024 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24869

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics