Peningkatan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram melalui metode inquiry di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang

Sugiyati, Sugiyati (2011) Peningkatan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram melalui metode inquiry di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111402-cover.pdf]
Preview
Text
093111402-cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111402-BAB 1.pdf]
Preview
Text
093111402-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 093111402-BAB 2.pdf]
Preview
Text
093111402-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 093111402-BAB 3.pdf]
Preview
Text
093111402-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 093111402-BAB 4.pdf]
Preview
Text
093111402-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 093111402-BAB 5.pdf]
Preview
Text
093111402-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 093111402-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111402-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram melalui metode inquiry. Studi ini dimaksudakan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana metode pembelajaran Inquiry itu? (2) Bagaimana dimensi berpikir Inquiry tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang? (3) Apakah penerapan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang? Permasalahan tersebut dibahas melalui PTK yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator. Datanya diperoleh dengan cara tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis melalui kajian-kajian reflektif dan partisipatif melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara sistematis, kritis, logis, dan analitis dalam merumuskan masalah dan menemukan jawaban. (2) Dimensi berpikir Inquiry tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang dapat memotivasi siswa dalam belajar yang berdampak positif dalam pencapaian pemahaman belajar secara optimal dengan membangun sendiri pengetahuan, pemahaman, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok. (3) Penerapan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran dengan metode inquiry. Dari hasil observasi, pemahaman siswa meningkat dari 69 % menjadi 75 % pada siklus kedua dan menjadi 88 % pada siklus ketiga. Sementara itu, hasil ulangan harian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil ulangan harian ( rata-rata ulangan harian I) tanpa pembelajaran inquiry) 5,58 menjadi 6,58 (ulangan harian II) dan 7,39 (ulangan harian III) setelah menggunakan metode Inquiry. Dari hasil pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dam ketiga dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran binatang halal dan haram di kelas V MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Magelang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Halal dan Haram; Metode Pembelajaran; Inquiry
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:57
Last Modified: 07 Jul 2014 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics