Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian madrasah mata pelajaran fisika tahun 2021/2022

Muttaqin, Muhammad Rijalul (2023) Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian madrasah mata pelajaran fisika tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066037_M Rijalul Muttaqin_Lengkap] Text (Skripsi_1608066037_M Rijalul Muttaqin_Lengkap)
Skripsi_1608066037_M Rijalul Muttaqin_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Akibat ditiadakannya ujian nasional menyebabkan syarat kelulusan peserta didik sepenuhnya ditentukan oleh solah dengan melaksanakan ujian madrasah. Penelitian ini adalah menganalisis karakteristik HOTS pada soal ujian madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik beserta indikator pada tipe soal High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Ujian Madrasah Mata Pelajaran Fisika tahun 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket rubrik penilaian. Analisis soal dilakukan menggunakanan angket rubrik penilaian berskala likert kemudian divalidasi pada wawancara dengan guru.
Hasil analisis menunjukkan sebanyak 63% dari 35 butir soal yang dianalisis tergolong dalam kategori HOTS. Tipe soal HOTS tersebut didominasi oleh karakteristik kemampuan berpikir tingkat tinggi. Uji validitas pada tingkat kesukaran soal mendapatkan hasil sebanyak 0% soal berkategori mudah, 91% soal berkategori sedang, dan 9% soal berkategori sukar. Daya beda soal berkategori negatif sebanyak 6 soal, kategori tidak baik sebanyak 16 soal, cukup baik sebanyak 6 soal, baik sebanyak 7 soal, dan sangat baik sebanyak 0 soal.
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memperkuat pembelajaran di Madrasah Aliyah dengan memberikan pemahaman tentang karakteristik soal HOTS dalam Ujian Madrasah. Dengan pemahaman tersebut, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi pengajaran yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujian madrasah; High Order Thinking Skills (HOTS); Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:27
Last Modified: 05 Nov 2024 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics