Pengaruh promosi dan word of mouth terhadap minat pengambilan pembiayaan KUR (kredit usaha rakyat) Di BSI KCP Jatibarang Kabupaten Brebes

Asmuni, Wahid (2023) Pengaruh promosi dan word of mouth terhadap minat pengambilan pembiayaan KUR (kredit usaha rakyat) Di BSI KCP Jatibarang Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_190036089_Wahid_Asmuni] Text (Skripsi_190036089_Wahid_Asmuni)
1905036089_Wahid Asmuni_Full Skripsi - Wahid Asmuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam menjalanlan perekonomian masyarakat, kini pemerintah menerbitkan program modal kerja dan investasi yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan kepada lembaga-lembaga keuangan perbankan baik itu syariah maupun konvensional. Realisasi penyaluran KUR per tahun bersamaan dengan jumlah debitur UMKM terus menunjukkan grafik positif dalam 5 tahun terakhir. Hampir semua perbankan menawarkan jasa perkreditan kepada nasabah termasuk Bank Syariah Indonesia yang menambahkan inisial IB dibelakangnnya yang menunjukkan bahwa produk tersebut adalah produk yang menggunakan prinsip syariah (Islamic). Dengan banyaknya bank yang menawarkan produk KUR, maka perlu menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan kebijakan perbankan itu sendiri. Strategi pemasaran yang biasa diterapkan pihak perbankan adalah dengan cara promosi dan Word of Mouth (WOM). Strategi tersebut diharapkan mampu menarik minat nasabah untuk mengambil pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BSI KCP Jatibarang.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Dengan populasi yaitu nasabah yang mngambil KUR di BSI KCP Jatibarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan melaui kuesioner sebanyak 81 Responden. Analisis data menggunakan uji validitas, realibitas, analisi regresi linier berganda, dan menggunakan ujian hipotesis yaitu uji F, uji T, dan koefsien determinasi.
Hasil peneitian yang diperoleh menunjukan bahwa Promosi dan Word Of Mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengambilan pembiayaan KUR di BSI KCP Jatibarang dengan F hitung = 4,238 dan signifikan 0,043. Secara parsial promosi tidak berpengaruh t-hitung = 1,063 dan signifikan 0,091. Sedangkan Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t-hitung=2,358 dan signifikansi yaitu 0,036.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; word of mouth; kredit usaha rakyat; KUR; BSI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:42
Last Modified: 06 Nov 2024 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics