Penerapan metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa

Husniya, Indi (2023) Penerapan metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066063_INDI HUSNIYA_Full_Skripsi - Indi Husniya] Text (Skripsi_1708066063_INDI HUSNIYA_Full_Skripsi - Indi Husniya)
Skripsi_1708066063_INDI HUSNIYA_Full_Skripsi - Indi Husniya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan generik sains siswa melalui penerapan metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video pada materi getaran, gelombang, dan bunyi, serta respon siswa terhadap metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji-t, uji N-Gain, dan perhitungan persentase skor kuesioner terhadap penerapan metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video. Hasil data pretest dan posttest dinyatakan normal dan homogen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,15 dan ttabel = 1,68, hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis peningkatan keterampilan generik sains melalui uji N-Gain pada kelas eskperimen mendapatkan nilai 0,44 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan nilai 0,33 dengan kategori sedang. Capaian peningkatan keterampilan generik sains kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon siswa terhadap metode praktikum berbasis kearifan lokal jawa tengah berbantuan video didapatkan persentase sebesar 82,74% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode praktikum; Kearifan lokal; video; Keterampilan generik sains
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:03
Last Modified: 06 Nov 2024 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics